Jumat, 02 Mei 2014

Cita-Cita Ku

  
Zaman kecil dulu kita suka ditanya, "cita-citanya mau jadi apa?". Ada yang jawab jadi dokter, jadi insinyur, jadi polisi. Ya, jawaban polos anak kecil yang tapi itu bagus untuk daya kembang otaknya. Mengasah sedari kecil untuk berpikiran maju ke depan.
Nah yang udah gede, waktu ditanya cita-citanya mau jadi apa, ada yang malah nggak tau mau jadi apa. Hayo, masak lebih pesimis dari anak kecil hehehe...
Kalo ditanya cita-cita atau dreams, aku paling antusias nih nyeritainnya.
Dulu sewaktu duduk di sekolah dasar, aku digadang-gadang (syaillaaah :p) punya bakat menggambar. Suka dijagokan juga kalo ada lomba lukis antar sekolah, pasti aku yang direkomendasiin untuk ikut. Mama papa sangat mendukung aku ikut-ikut lomba menggambar. Cuman kurang terasah karena aku ga punya temen sharing atau yang ngajari teknik-teknik menggambar.. Maklumlah tinggal di desa. Beli kuas ama cat minyak aja mesti impor dari Medan hehe... Seiring waktu hasratku di bidang ini berkurang. Perlahan-lahan aku nggak menggambar lagi.
Tibanya SMP, aku punya ketertarikan di bidang menulis karena terinspirasi dari cerpen, teenlit, novel yang aku baca. Menulis cerita itu seru, karena berasa aku terlibat di dalamnya, bener-bener menjiwai karakter tokoh dan jalan ceritanya. Seru! Aku sempat mengklaim diriku sebagai penulis muda dan berencana akan menerbitkan novel. Tapi seiring kesibukan sekolah waktu itu cita-citaku terabaikan.
Kalau di SMA, aku tertarik di bidang modeling. Pasti tau ya kalo dulu majalah Gadis atau Aneka Yess suka bikin pemilihan-pemilihan gitu. Cuman dulu aku nggak pedean orangnya karena berpikir aku hanyalah anak kampung yang tinggal di pedalaman, hihi... Memendam impiam ceritanya.
Tapi lanjut lagi pas kuliah, aku masi tetep suka modeling. Di masa kuliah aku udah lebih percaya diri. Beberapa kali ikut lomba-lomba model, hunting foto ama fotografer, dan waktu itu aku ngejalaninnya pede banget lho. Walo aku nggak punya basic, sementara yang lain udah pada sekolah model, tapi aku tetep pede aja... Bener-bener ngerasa, ini passionku! Waktu itu aku pernah ikut pemilihan duta-dutaan gitu dan sempet juara. Yang aku inget waktu itu juara 2 Duta BKKBN. Itu aja udah happy banget. Karena udah yakin banget kalo ini passionku, niat abis lulus kuliah mau ke Jakarta pengen belajar model dan akting. Ujung-ujungnya pengen jadi ARTESSS lah ya ceritanya :D
Sempet aku mengutarakan sama Papa, pengen kursus modeling. Tapi....nggak dibolehin :')
Cupenk juga nggak ngebolehin... 
Waktu itu aku sempet down dan sedih, aku bilang sama Cupenk. "Kalo aku ditanya pengen jadi apa, aku jawab aku nggak punya cita-cita lagi!"
Dan yah, sampe segitu putus harapan aku waktu aku dipisahin sama passionku. Kayaknya, semangat yang dulu berkobar-kobar kini redup dalam sekejap..... :(

Perlahan-lahan aku mulai menjalani kehidupan 'normal' ku. Kuliah kayak biasa.
Beberapa saat kemudian, aku punya kegemaran baru lagi, kali ini pengen jadi radio announcer :D waktu itu aku gabung di USUKOM FM, radio komunitas USU.  "solusi cerdas sobat kampus" taglinenya :D
Dari situ aku nambah temen-temen penyiar radio, belajar jurnalistik dan broadcasting juga, asik nambah pengalaman...

Passionku beralih lagi pengen jadi pebisnis! Hohohoho~ Sangat-sangat terinsipirasi ama Ippho Santosa. Suka makjleb kalo dah baca buku beliau. Sampe akirnya aku buka online shop jualan pakaian dan hijab. Aku juga seneng jalaninnya karena memang dilakukan dari hati. Seneng bisa menghasilkan walopun waktu itu modal BB doang :D
Sampe sekarang aku masi suka bisnis kok dengan nyemplung di Oriflame :D

Kesimpulan yang bisa kuambil untuk mengambarkan diriku adalah... 
Aku orangnya gampang bosenan, keliatan dari passionku yang berubah-ubah seiring waktu. Kurang konsisten kesannya karena semua mau dicobain hihihi... Belum selesai yang satu, udah mulai kerjaan yang lain. Gampang berubah interestnya. :D
Tapi nilai positifnya, aku seneng melakukan semuanya karena memang passion. Aku juga bersyukur diberi kemampuan ini itu, walopun nggak kategori expert, tapi aku 'bisa dikit-dikit'. Hehehe...
Dan sebaliknya, ketika aku disuruh melakukan hal yang bukan passionku, udah pasti aku nggak akan semangat ngejalaninnya.

Pesen untuk diriku sendiri : carilah 1 bidang yang mau ditekunin, tapi harus benar2 tuntas ngerjainnya, jangan setengah-setengah. Kalo mau beralih ke bidang lain, pastikan bidang yang sebelumnya itu udah membuahkan hasil dulu. Atau kalo mau menjalankan 2 bidang sekaligus, ya emang harus pinter bagi waktu dan fokus. Nah berhubung aku orangnya nggak bisa multitasking, aku lebih baik jalanin satu fokus aja dulu :D

Yaaa sama aja kayak bisnis juga gitu, kalo bisa fokus di satu bisnis aja dan kembangin sampe punya omset gede, baru bisa bangun bisnis di bidang lain. Karena ada pepatah bilang, kita tidak akan bisa menangkap dua kelinci sekaligus. Tau ya maksudnya?
Insyallah, janji deh mau fokus di Oriflame dulu sekarang. Karena cita-citaku sekarang adalah membahagiakan diri dan keluarga. Let's say, I need money! That's my dream now... Karena dengan punya penghasilan yang cukup aku bisa memenuhi kebutuhanku, kebutuhan anakku kelak, menyenangkan orangtuaku juga... Yap, inilah passionku sekarang menjadi pebisnis rumahan yang menjalani bisnisnya via online...

Mudah-mudahan tetep konsisten.... Nggak gampang bosenan lagi... <3 <3

Yap, begitulah sekelumit cerita tentang cita-citaku. Share yuk apa cita-cita kamu :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar